jangandeketdekettarmataandarusakcumakarenabacatulisaninikarenalebihbaikandabacaisiblognyadahgitukasihkomentarnya Free download apa aja: Penelitian kualitatif dan kuantitatif

Minggu, 27 Februari 2011

Penelitian kualitatif dan kuantitatif

....

Terkait dengan metode penelitian, perumusan hipotesis atau pernyataan hipotetikal dalam kerangka pemikiran/kerangka studi biasanya dianggap penting dalam penelitian-penelitian dengan metode kuantitatif. Ini tidak berarti bahwa dalam penelitian yang menggunakan metode kualitatif, hipotesis atau pernyataan-pernyataan hipotetikal tidak penting atau tidak diperlukan. Berkaitan dengan ini, Maxwell (1996) menyebutkan bahwa salah satu kemampuan yang dimiliki oleh metode kualitatif adalah ‘membangun penjelasan-penjelasan kausal (causal explanations). Dalam konteks inilah, penelitian yang menggunakan metode kualitatif dapat merumuskan pernyataan-pernyataan hipotetikal/hipotesis. Namun demikian, berbeda dari metode/pendekatan kuantitatif yang mencoba menjelaskan, misalnya "sejauhmana/sebesar apa variabel X menyebabkan variabel Y", penelitian dengan metode kualitatif mencoba mempertanyakan "bagaimana X memainkan peranan dalam menyebabkan terjadinya Y atau proses apa yang mengaitkan X dan Y".

...

Secara umum, peneliti akan dihadapkan pada pemilihan metode yang sesuai dengan pokok persoalan yang dikaji, apakah memilih metode kuantitatif, kualitatif, atau gabungan keduanya. Tentang kedua metode ini, terdapat pandangan-pandangan yang menyesatkan. Misalnya: pemilihan metode penelitian kualitatif atau kuantitatif, lebih ditentukan oleh kebiasaan dan atau latar belakang pendidikan peneliti; pemilihansuatu metode dikarenakan ketidak-mampuan peneliti dalam menggunakan metode yang lain; metode kualitatif dianggap lebih mudah (inferioritas) daripada kuantitatif; dan metode kualitatif diaggap membutuhkan waktu penelitian yang lebih lama dibanding kuantitatif.

...
Proses penelitian kualitatif dan kuantitaf...
read more atau baca selanjutnya
mendingan download aja ya...
klik disini

Tidak ada komentar: